Pengikut

Kamis, 10 Mei 2012

jenis-jenis vitamin B


Jenis-Jenis Vitamin B Dan Manfaatnya
Berikut Jenis-Jenis Vitamin B Dan Manfaatnya yang saya sadur dari artikel di interenet dari berbagai sumber:
Vitamin B1 (tiamin)
  • Berfungsi membantu sel tubuh menghasilkan energi, kesehatan jantung serta metabolisme karbohidrat.
  • Sumber vitamin B1 : beras merah, kuning telur, ikan, kacang-kacangan dan gandum
Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker, mencegah migren serta katarak.
  • Sumber vitamin B2 : Ragi kering, daging, hati, ginjal, ikan, lemak, kacang-kacangan, beras tumbuk
Vitamin B3 (Niacin)
  • Bermanfaat untuk melepaskan energi dari zat-zat nutrien, membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi dan gangguan pada persendian.
  • sumber makanan yang mengandung vitamin B3: Daging, unggas (ayam, itik dll) dan ikan merupakan sumber utama niasin, sama halnyaroti dan sereal (biji-bijian) yang telah diperkaya. Jamur, asparagus dan sayuran hijau
Vitamin B5 (Asam pantothenate)
  • Membantu system syaraf dan metabolisme, mengurangi alergi, kelelahan dan migren. Penting bagi aktifitas kelenjar adrenal, terutama dalam proses pembentukan hormon.
  • Sumber Vitamin B3: daging, susu, sayur mayur hijau, ginjal, hati, kacang ijo, dan banyak lagi yang lain.
Vitamin B6 (Pyridoxine)
  • Membantu produksi sel darah merah dan meringankan gejala hipertensi, asma serta PMS.
  • Makanan yang mengandung vitamin B6 adalah kacang-kacangan, jagung, beras, hati, ikan, beras tumbuk, ragi, daging
Vitamin B7  (Biotin)
  • bermanfaat dalam proses pelepasan energi dari karbohidrat, pembentukan kuku serta rambut.
  • Sumber makanan yang mengandung Vitamin B7 Adalah Kuning telur, hati, beras kasar, bir, ragi  sarden, kacang-kacangan, biji-bijian
Vitamin B9  (Asam Folat)
  • membantu perkembangan janin, pengobatan anemia dan pembentukan hemoglobin.
  • Sumber Vitamin B9 ialah sayur-sayuran berdaun hijau tua, daging organ, sayuran akar, tiram, salmon, susu
Vitamin B12  (Cobalamine)
  • membantu merawat system syaraf dan pembentukan sel darah merah.
  • Sumber vitamin B12 : hati, ikan, susu dan olahannya, daging, telur dan rumput laut


  1. Vitamin A. Vitamin ini juga disebut sebagi Retinol.Fungsi dari vitamin A adalah : menjaga lapisan mukosa dalam tubuh, menjaga penglihatan, dan mencegah hingga memulihkan penyakit rabun.
  2. Vitamin B. Fungsi dari vitamin B adalah memperlancar pertumbuhan anak – anak, mencegah virus, memperkuat tulang dan gigi, lalu juga meningkatkan kekebalan tubuh.Vitamin B juga berperan dalam mencegah penyakit beri – beri.
  3. Vitamin C. Vitamin C sering dikenal dengan nama asid askorbik.Fungsi dari vitamin C yaitu memperkuat tulang dan gigi, sebagai pembentuk dan pengekal kalogen, menjadi antioksidan yang sangat baik, dan juga untuk sebagai pembentuk dan pengekal kolagen.
  4. Vitamin D. Fungsi vitamin D yang paling utama adalah sebagai penghancur dan pembunuh segala macam virus maupun bakteri yang merugikan tubuh.Fungsi lain dari vitamin D yaitu untuk memberikan kekuatan terhadap tubuh dari serangan penyakit.Vitamin D juga sangat penting untuk memperlancar proses pertumbuhan tulang dan gigi serta menjaganya dari kerapuhan.



Glossary LinkVitamin K ada tiga jenis. Yang pertama adalah K1, dikenal sebagai Phylloquinone. Jenis Glossary Linkvitamin K ini dapat ditemukan pada makanan yang ditanam (tumbuhan). Jenis vitamin K yang kedua adalah vitamin K2 atau menaquinone. Vitamin K jenis ini dibentuk dari bakteri yang bersahabat di dalam usus. Jenis yang ketiga adalah vitamin K3 atau menadione dan adalah bentuk buatan dari Vitamin K. Semua jenis vitamin K ini bersemayam didalam hati untuk membentuk Glossary Linkenzim penggumpal darah.


Vitamin A adalah sejumlah makanan yang terdapat dalam makanan, yang berfungsi untuk mempertahankan fungsi tubuh. Vitamin terbagi dalam dua bagian yaitu vitamin yang larut dalam air, dan yang larut dalam lemak. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin A mempunyai peran penting bagi tubuh terutama dalam pertumbuhan, penglihatan, reproduksi, dan pemeliharaan sel epitel.


Salah satu fungsi utama dari vitamin C adalah mencegah sariawan dan gusi berdarah,dengan cara pembentukan kolagen.
kolagen itu adalah protein yang fungsinya seperti lem,merekatkan sel-sel kulit tulang dan otot,sehingga itu luka,patah tulang atau memar biru cepat sembuh.
kalo asupan vitamin C kamu minim,pembentukan kolagen terganggu,sel-sel pun engga melekat.
Pada pria dampak lanjut kekurangan vitamin c adalah menurunnya kesuburan dan meningkatnya resiko kerusakan gen pada sperma yang dapat menyebabkan cacat pada bayi.
Fungsi vitamin C banyak sekali,mencapai 300 fungsi,fungsi dasarnya meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit,dan membantu penyembuhan tubuh.fungsi utama dari vitamin C sebagai antioksidan yaitu menetralkan racun dan radikal bebas dalam darah maupun cairan sel tubuh.dengan cara ini peran vitamin c mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah sehingga tidak menyebabkan hypenrtensi dan penyakit jantung.juga menjaga kesehatan paru-paru karena menetralkan radikal bebas yang masuk melalui pernafasan.
Vitamin c juga meningkatkan sel-sel darah putih yang dapat melawan infeksi sehingga flu sembuh lebih cepat,membantu mengaktifkan asam folat,meningkatkan penyerapan zat besi sehingga mencegah anemia,meregenerasi vitamin E sehingga bisa dipakai lagi sebagai anti-oksidan.Vitamin c ada yang alami juga ada yang sintetik.asal keduanya berbentuk L-ascorbic acid dan tidak memiliki perbedaan kinerja pada keduanya.
Berikut bentuk-bentuk vitamin C :

1. Asam ascorbat ( L-ascorbic acid )
Jenis ini digunakan tubuh,meski bersifat asam,kekuatan asamnya jauh lebih rendah dibanding asam lambung.jenis ini lebih murah dari jenis lainnya.

2. Garam ascorbat

Sifat asam jenis ini dinetralkan oleh garam sodium atau kalsium sehingga dianggap lebih aman bagi lambung.

3. Vitamin C dengan bioflavonoid

Bioflavonoid adalah zat warna tanaman seperti dalam sayur atau buah.meski bioflavonoid mempunyai anti-oksidan,masih sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa kombinasinya dengan vitamin c dapat meningkatkan fungsi vitamin c.

4. Ascorbat dan metabolit vitamin C

Mengandung kalsium ascorbat ditambah dikit dehidroaskorbat (asam askorbat yang teroksidasi) dan bahan lain.meski tujuannya untuk meningkatkan kinerja vitamin c,hasil penelitian tidak menunjukkan perbedaan dengan asam ascorbat pada no.1 di atas.

5. Ascorbil palmitat

Yakni vitamin c yang diesterifikasi dengan asam palmitat (asam lemak ).sering ditambahkan pada krim kulit untuk memanfaatkan sifat anti-oksidannya.jenis ini banyak dibentuk untuk suplemen seperti Ester C,namun berbeda dengan ester-c dengan metabolit vitamin c.Berikut kebutuhan vitamin c untuk kita dalam / hari :

- Bayi
bayi 0-6 bulan = 40 mg
bayi 7-12 bulan = 50 mg.

-anak-anak
1-3 tahun = 15 mg
4-8 tahun = 25 mg
9-13 tahun = 45 mg

-Remaja pria/wanita 14 - 18 tahun = 75 mg/ 65 mg

- Ibu hamil = 85 mg
- Ibu menyusui = 120 mg

- dewasa pria / wanita = 90 mg / 75 mg
-kebutuhan untuk perokok = 35 mg lebih tinggi dari non-perokok.

Dan 1 hal lagi yang penting. .sel-sel tubuh menjadi jenuh oleh vitamin c pada dosis 4000mg/hari,jadi artinya mengkonsumsi diatas dosis ini tidak memberikan manfaat tambahan.

Cara pemberian vitamin c dengan oral yaitu asupan tablet,syrup,effervescent,dan kemudian yang ke dua dengan cara suntikan ( intravena dan intramuskular).khusus untuk kulit. .dengan suntikan hasilnya jauh lebih nyata dari asupan oral.seperti yang kita lihat teraphy untuk kulit di iklan-iklan seperti mengetatkan kulit,penyembuhan kulit.
Cara penyuntikan juga ada 2 cara yaitu intravera dan intramuskular,yang lebih aman adalah intravena,karena tidak terlalu menyakitkan dibandingkan penyuntikan ke otot ( intramuskular).suntikan di lakukan pada lekukan siku bagian dalam seperti ketika kita donor darah.
Mengapa suntikan vitamin c lebih unggul daripada asupan oral ? Pada suntikan akan langsung pada darah,sedangkan oral harus melalui penyerapan dilambung baru kemudian ke darah.
Dan ini yang terakhir efek samping vitamin c
...Meski vitamin c larut dalam air yang mana kalo kelebihan asupan dikeluarin melalui urine,pada dasarnya efek samping juga ada misalnya pada balita bila kelebihan dari 400 mg/hari kemungkinan terjadi akan diare,pada orang dewasa juga tidak boleh lebih dari 2000mg/hari karena dapat menyebabkan maag juga mengganggu kinerja ginjal.
Yang ini efek samping vitamin ala suntikan yaitu dapat terjadinya batu ginjal bila berlebihan dosis.pengendapan akan menjadi kristal,apalagi pada orang yang kurang minum air putih.air putih sangat penting untuk tubuh.minimal 8-10 gelas per hari.kalo 10 gelas / menit itu mah akan membuat perutmu buncit,alias kekenyangan air,haghaghag.
Apabila timbul gejala rasa pegal dan sakit pada pinggang,segera hentikan penyuntikan vitamin c,bagi yang mengidap keturunan batu ginjal sebaik tidak melakukan penyuntikan vitamin c,atau sebaiknya sebelum melakukan penyuntikan vitamin c konsultasi dahulu diri kamu tentang situasi dan kondisi batu ginjal kamu pada ahlinya.
Pengidap maag juga mesti berhati-hati karena vitamin c yang bersifat asam,maka dari itu lebih baik sebelum mengkonsumsi vitamin c..makanlah dahulu untuk menghindari rasa perih di lambung.
Huuuf. .capek juga ketiknya. .sekian dulu.moga bermanfaat bagi kita semua tentang vitamin c.



KEKURANGAN VITAMIN A

Kekurangan vitamin A banyak ditemukan di beberapa daerah seperti Asia Tenggara, dimana padi yang digiling menjadi beras (yang mengandung sedikit vitamin A) merupakan makanan pokok.

Beberapa penyakit yang mempengaruhi kemampuan usus dalam menyerap lemak dan vitamin yang larut dalam lemak, meningkatkan resiko terjadinya kekurangan vitamin A.
Penyakit tersebut adalah:
- Penyakit Seliak
- Fibrosa kistik
- Penyumbatan saluran empedu.
Pembedahan pada usus atau pankreas juga akan memberikan efek yang sama.

Gejala pertama dari kekurangan vitamin A biasanya adalah rabun senja.
Kemudian akan timbul pengendapan berbusa (bintik Bitot) dalam bagian putih mata (sklera) dan kornea bisa mengeras dan membentuk jaringan parut (xeroftalmia), yang bisa menyebabkan kebutaan yang menetap.

Malnutrisi pada masa kanak-kanan (marasmus dan kwashiorkor), sering disertai dengan xeroftalmia; bukan karena kurangnya vitamin A dalam makanan, tetapi juga karena kekurangan kalori dan protein menghambat pengangkutan vitamin A.
Kulit dan lapisan paru-paru, usus dan saluran kemih bisa mengeras.

Kekurangan vitamin A juga menyebabkan peradangan kulit (dermatitis) dan meningkatkan kemungkinan terkena infeksi.

Beberapa penderita mengalami anemia.

Pada kekurangan vitamin A, kadar vitamin A dalam darah menurun sampai kurang dari 15 mikrogram/100 mL (kadar normal 20-50 mikrogram/100 mL).

Kekurangan vitamin A diobati dengan pemberian vitamin A tambahan sebanyak 20 kali dosis harian yang dianjurkan selama 3 hari. Lalu diikuti dengan pemberian sebanyak 3 kali dosis harian yang dianjurkan selama 1 bulan.
Setelah itu diharapkan semua gejala sudah hilang.

Penderita yang gejala-gejalanya tidak hilang dalam 2 bulan setelah pengobatan, harus segera dievaluasi untuk mengetahui kemungkinan adanya malnutrisi.


KELEBIHAN VITAMIN A

Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunanan, baik itu terjadi pada satu kali pemberian (keracunan akut) ataupun dalam jangka waktu lama (keracunan kronis).

Keracunan Akut

Penjelajah Kutub Utara mengalami ngantuk, mudah tersinggung, sakit kepala dan muntah dalam beberapa jam setelah memakan hati beruang kutub atau hati anjing laut, yang banyak mengandung vitamin A.

Tablet yang mengandung vitamin A sebanyak 20 kali dosis harian yang dianjurkan, yang digunakan untuk pencegahan dan meringankan penyakit kulit, kadang menyebabkan gejala serupa, bahkan jika diminum sesuai petunjuk.

Keracunan Kronis

Keracunan kronis pada anak-anak yang lebih besar dan dewasa biasanya merupakan akibat mengkonsumsi vitamin A dosis besar (10 kali dosis harian yang dianjurkan) selama berbulan-bulan.
Keracunan vitamin A dapat terjadi pada bayi dalam beberapa minggu.

Gejala awal dari keracunan kronis adalah:
- rambut yang jarang dan kasar
- kerontokan pada sebagian bulu mata
- bibir yang pecah-pecah
- kulit yang kering dan kasar.

Sakit kepala hebat, peningkatan tekanan dalam otak dan kelemahan umum terjadi kemudian.

Pertumbuhan tulang dan nyeri sendi sering terjadi, terutama pada anak-anak.

Hati dan limfa dapat membesar.

Bayi yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi isotretinoin (vitamin A buatan yang digunakan untuk mengobati kelainan kulit) selama kehamilan bisa memiliki cacat lahir.

Diagnosa keracunan vitamin A ditegakkan berdasarkan gejala dan tingginya kadar vitamin A dalam darah.
Gejala akan menghilang dalam 4 minggu setelah penghentikan pemakaian vitamin A tambahan.

Beta-karoten terdapat dalam sayuran seperti wortel, diubah secara perlahan oleh tubuh menjadi vitamin A dan dapat dikonsumsi dalam jumlah besar tanpa menyebabkan keracunan.
Walaupun kulit akan berubah menjadi kuning tua (karotenosis), terutama kulit di telapak tangan dan telapak kaki, tetapi tidak menimbulkan efek samping lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar